Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha
Teori masuknya
agama dan kebudayaan hindu budha - Selamat pagi sahabat Blogger Jemo lintank, setelah sebelumnya admin memposting tentang Hubungan dagang idonesia dengan india dan cina, Sekarang Admin Memposting Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha : Mari dibaca
Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha |
a. Penyiaran
agama budha : Penyiaran agama
budha di indonesia lebih awal dari agama hindu. Dalam penyebarannya, agama
budha mengenal hanya misi penyiar agama yang disebut dengan dharmadhuta.
Tersiarnya agama budha di indonesia diperkirakan sejak abad ke-2 masehi,
dibuktikan dengan penemuan patung budha dari perungu di jember, jawa timur dan
sulawes selatan. Patung itu berlanggam Amarawati, namun belum diketahui siapa
pembawanya dari india selatan ke indonesia.
b. Penyiaran
Agama hindu : Hubungan dagang
indonesia dengan india dan cina telah menempatkan indonesia di kancah
perdagangan dan pelayaran masa kuno, namun, pengaruh kebudayaan india dan cina
terhadap perkembangan sejarah indonesia amat berbeda.
Hipotesis-hipotesis
tersebut dibagi ke dalam dua kelompok besar yaitu teori kolonisasi dan teori
arus balik. Berikut penjelasannya:
a. Teori
Kolonisasi : Teori kolonisasi ini berusaha menjelaskan proses masuk dan
berkembangnya agama dan kebudayaan hindu-budha di indonesia dengan menekankan
pada peran aktif dari orang-orang india dalam menyebarkan pengaruhnya di
indonesia.
Teori kolonisasi
ini terbagi dalam beberapa hipotesis, yaitu sebagai berikut.
1. Hipotesis
Waisya : Hipotesis Waisya mengungkapkan bahwa masuknya agama dan kebudayaan
hindu dibawa oleh golongan pedagang (waisya). Mereka mengikuti angin musim
(Setengah tahun berganti arah) dan enam bulan menetap di indonesia dan
menyebarkan agama dan kebudayaan hindu
Menurut para
pendukung hipotesi waisya, kaum waisya yang umumnya merupakan kelompok pedagang
inilah yang berperan besar dalam menyebarkan agama dan kebudayaan hindu ke
nusantara. Mereka yang menjadikan munculnya budaya hindu sehingga diterima di
kalangan masyarakat. Pada saat itu, para pedagang banyak berhubungan dengan
para penguasa dan rakyat. Jallinan hubungan itu yang membuka peluang terjadinya
proses penyebaran agama dan kebudayaan hindu. Salah satu tokoh pendukung
hipotesis waisya adalah N.J Krom.
2. Hipotesis
Ksatria : Teori Hipotesis ksatria ini mengatakan bahwa masuknya budaya india ke
indonesia diperankan oleh golongan prajurit, yaitu kasta ksatria. Masuknya
golongan prajurit ini disebabkan oleh bentuk kolonisasi yang terjadi di
indonesia. Mereka datang untuk menaklukan wilayah indonesia dan kemudian
menyebarkan ajaran hindu-budha.
Ada tiga ahli
yang mengemukakan pendapatnya mengenai proses penyebaran agama dan kebudayaan
hindu-budha dilakukan oleh golongan ksatria :
a. C.c. Berg :
Ksatria ini sedikit banyak membantu kemenangan bagi salah satu kelompok atau
suku yang bertikai. Dari perkawinan dengan kelompok yang dibantunya ini
memudahkan bagi para ksatria untuk menyebarkan tradisi hindu budha kepada
keluarga yang dinikahinya tadi.
b. Mookerji : Para
ksatria kemudian membangun koloni-koloni yang akhirnya berkembang menjadi
sebuah kerajaan. Para koloni ini kemudia mengadakan hubungan perdagangan dengan
kerajaan-kerajaan di india.
c. J.L Moens :
Sekitar abad ke-5, banyak kerajaan-kerajaan di india selatan yang mengalami
kehancuran. Adaa di antara para keluarga kerajaan tersebut, yaitu para
ksatrianya yang melarikan diri ke indonesia. Mereka ini selanjutnya mendirikan
kerajaan di kepulauan nusantara. Kekuatan hipotesis ksatra terletak pada
kenyataan bahwa semangat berpetualang pada saat itu umumnya dimiliki oleh para
ksatria (keluarga kerajaan)/
Sementara itu,
kelemahan hipotesis yang dikemukakan oleh Berg, Moens, dan Mookerji yang
menekankan pada peran para ksatria india dalam proses masuknya kebudayaan india
ke indonesia terletak pada hal-hal sebagai berikut :
1. Para ksatria
tidak menguasai bahasa sanskerta dan huruf pallawa
2. Apabila
daerah indonesia pernah menjadi daerah taklukan kerajaan-kerajaan india,
tentunya ada bukti prasasti (jaya prasasti) yang menggambarkan penaklukan
tersebut. Akan tetapi, baik di india
maupun indonesia tidak ditemukan prasasti semacam itu. Adapun prasasti
Tanjoreyang menceritakan tentang penaklukan kerajaan sriwijaya oleh salah satu
kerajaan cola di india, tidak dapat dipakai sebagai bukti yang memperkuat
hipotesis ini. Hal ini disebabkan penaklukan tersebut terjadi pada abad ke-11
sedangkan bukti-bukti yang diperlukan harus menunjukkan pada kurun waktu yang
lebih awal.
3. Hipotesis
Brahmana : Hipotesis ini diungkap oleh JC. Van Leur. Dia mengatakan bahwa
kebudayaan hindu-budha india yang menyebar ke indonesia dibawa oleh golongan
brahmana. Pendapatnya itu didasarkan pada pengamatan terhadap sisa-sisa
peninggalan kerajaan-kerajaan yang bercorak hindu-budha di indonesia, terutama
pada prasasti-prasasti yang menggunakan bahasa sanskerta dan huruf pallawa.
Karena hanya golongan brahmanalah yang menguasai bahasa dan huruf itu maka
sangat jelas disini adanya peran brahmana.
b. Teori Arus
balik : Teori arus balik, mengatakan bahwa yang telah berperan dalam
menyebarkan hindu di indonesia adalah orang indonesia sendiri. Mereka adalah
orang yang pernah berkunjung ke india untuk mempelajarai agama hindu dan budha.
Di pengembaraan mereka mendirikan sebuah organisasi yang sering disebut
sanggha. Setelah kembali di indonesia, akhirnya mereka menyebarkan kembali
ajaran yang telah mereka dapatkan di india. Pendapat ini dikemukakan oleh
F.D.K. Bosch.
Bukti-Bukti dari
pendapat di atas adanya prasasti Nalanya yang menyebutkan bahwa balaputradewa (Raja
Sriwijaya) telah meminta kepada raja di india untuk membangun wihara di Nalanda
sebagai tempat untuk menimba ilmu para tokoh dari sriwijaya. Permintaan raja
sriwijaya itu ternyata dikabulkan. Dengan demikian, setelah para tokoh dan
pelajar itumenuntut ilmu di sana, mereka balik ke indonesia. Merekalah yang
selanjutnya menyebarkan Hindu-Budha di indonesia.
Itulah Postingan Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha. Semoga bermanfaat.
Tag : Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha,Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha,Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha , Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha, Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha,Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha
0 Response to "Teori masuknya agama dan kebudayaan hindu budha"
Post a Comment
Tolong Jangan Melakukan SPAM ya.
KOMENTARLAH SESUAI ARTIKEL DI ATAS :)
TERIMA KASIH
ADMIN
INDRA SAPUTRA